Daftar di PayPal, lalu mulai terima pembayaran menggunakan kartu kredit secara instan.

Senin, 12 April 2010

15 Pemuda Kaya dan Berkarya di Dunia Maya

Pernahkah kamu bertanya, siapa ya yang bikin Friendster, Facebook, Google, Yahoo, Mozilla, dll? Pasti pernah kan?! Aku juga begitu. Akhirnya setelah berpusing-pusing browsing, ketemulah 15 anak muda yang sudah mengukir sejarah di internet dengan karya-karya mereka yang luarbiasa. Ini mereka!

  • Jerry Yang dan David Filo
Siapa yang tak tau search engine handal bernama Yahoo! Nah, kedua orang muda inilah yang membuatnya. Yahoo! dibuat pada tahun 1995. Ketika itu usia Jerry Yang 26 tahun dan David Filo 28 tahun.Atas hasil gemilang Yahoo!, Microsoft menawarkan US$44.6 milyar untuk mengambil alih Yahoo Inc.

  •  Larry Page dan Sergey Brin
Kedua pemuda inilah yang
membuat mesin pencari paling ampuh bernama Google. Google berhasil mereka buat pada tahun 1998. Pada waktu itu usia mereka baru 24 tahun. Perlu diketahui, kedua pemuda ini pada waktu itu membuat si Google cuma untuk menyalurkan hobi koding mereka,,akan tetapi ternyata hasilnya luar biasa. Google berhasil menjadi pesaing berat Yahoo! dan menjadi mesin pencari nomor satu di dunia maya. Larry Page dan Sergey Brin kemudian memulai membuat kantor pertamanya di dalam garasi. Tak cuma sampai disitu, mereka pun menjadi inspirasi pengguna internet dunia untuk berbisnis secara online, sehingga mereka berdua pun membuat perusahaan senilai satu multi milyar dollar!


Mark Zuckerberg
Wow! Pasti udah tidak asing lagi kalau disebutkan kata "Facebook". Jejaring sosial terbesar kedua setelah MySpace (saat ini) ini dibuat oleh seorang alumni Harvard University, Mark Zuckerberg, pada usia 19 tahun (wow!). Facebook mulai diluncurkan pada tanggal 4 Februari 2004. Peluncuran Facebook pada awalnya hanya untuk media saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Namun dalam jangka waktu 4 bulan, Facebook sudah menjadi jaringan sosial di 30 kampus dan penggunanya terus bertambah. Dengan prestasi demikian, Mark Zuckerberg di usia 23 tahun telah menjadi milyader termuda dengan kerja kerasnya sendiri, dan memiliki kekayaan sebesar $1.5 milyar (berdasarkan salah satu sumber), kira-kira sama dengan kekayaan yang dimiliki Oprah Winfrey.
Pada pertengahan 2004, Friendster menawarkan 10 juta US Dollar untuk membeli Facebook. Sedangkan Viacom juga ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan Yahoo pun menawar seharga 1 milyar US Dollar. Namun semua tawaran itu ditolak oleh Zuckerberg. Wow!

Jonathan Abrams
Ini dia jaringan pertamanan yang populer sebelum kemunculan Facebook, si friendster. Friendster dibuat oleh Jonathan Abrams dan dikelola oleh perusahaan Friendster Inc. Friendster didirikan pada tahun 2002 berkantor pusat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Jonathan yang merupakan lulusan Computer Science dari McMaster University sebelumnya adalah pendiri dan CEO HotLinks. Ia pun pernah menjabat sebagai senior enginering pada perusahaan internet terkenal Netscape dan Nortel. Kemajuan Friendster berhasil mendatangkan dana sebesar US$ 13 juta dari berbagai investor. Lalu pada Juni 2004 Friendster merekrut seorang profesional bisnis, Scott Sassa, mantan President stasiun televisi NBC Entertainment. Hingga 2006, pengguna Friendster diperkirakan mencapai 20 juta orang dari berbagai belahan dunia.


Pierre Omidyar
 Inilah pendiri eBay, Pierre Omidyar. Omidyar mendirikan eBay pada usia 28 tahun sebagai website lelangan online sedunia. Idenya ini mendapat banyak respon dari pengguna internet sehingga membuat eBay menjadi platform dunia.











Steven Goh dan Mei Ling Ng
Buat yang suka chating di HP pasti kenal sama Mig33, komunitas mobile yang digandrungi oleh berjuta-juta pelanggan di seluruh dunia. Steven adalah Co-Founder dan CEO dari mig33, komunitas mobile Internet global yang membuka komunikasi instan kepada seluruh manusia di dunia dengan menggunakan ponsel dengan interface terintegrasi. Steven memulai karirnya pada usia 7 tahun dengan memprogram Fortran di Universitas Western Australia jurusan Matematika atas bantuan ayahnya yang mengajar disana. Sedangkan Mei Lin, dia mencari pemasaran, komunikasi dan pelayanan pelanggan untuk mig33. Sebagai co-founder dari mig33 di 2003, Mei Lin terlibat banyak dalam proses pengembangan produk. Mig33 menyajikan pelayan mobile (pelayanan internet yang populer seperti: messaging, chat, foto, profil, VoIP) yang melayani kebutuhan harian pelanggan (pilihan komunikasi pada ponsel). Dengan berkembangnya popularitas pelayanan internet tersebut ke dalam komunitas ponsel dengan berjuta-juta user sepanjang Asia, Afrika dan Eropa, tim pendiri mengamankan modal dan memindahkan perusahaan ke Amerika di th 2007, untuk memajukan bisnis lebih pesat lagi.

Joe Hewitt dan Blake Ross
Mungkin saat ini kita lagi memakai hasil karya mereka. Yup! Inilah penemu Mozilla Firefox. Mereka meluncurkan Mozilla tahun 2003 pada usia 19 tahun! (Wow lagi!). Mozilla semakin digemari karena kelebihannya dibandingkan dengan browser lain. Mozilla diakui lebih mudah dioperasikan dibandingkan kebanyakan aplikasi penjelajah web lainnya serta alasan kuat lainnya adalah lebih cepat memuat halaman website. Kabarnya kedua orang hebat ini memiliki kekayaan $120 Million atau sekitar Rp1,2 Trilyun.

Tom Andersen
Inilah pendiri My Space, jaringan sosial yang digunakan terluas di internet. Tom Andersen mendirikan My Space tahun 2004 pada usia 23 tahun.Tom Andersen memang tidak sekaya Mark Zuckerberg, namun hasil karyanya yang meluas tersebut patut untuk dihargai.

Matt Mullenweg
Ini dia pembuat Wordpress, hasil karya terbesar di dunia blogging, yang kini dipakai oleh jutaan pengguna di dunia maya. Matt Mullenweg meluncurkan Wordpress pada tahun 2005 di usia 19 tahun (Wow lagi ah!). Wordpress kini diakui semakin mudah dipakai dan selalu diperbaharui dan terus meningkat. Penggunanya pun semakin bertambah. Berdasarkan satu sumber, kekayaan Matt Mullenweg mencapai $70 Million atau sekitar Rp700 Milyar.


Steve Chen dan Chad Hurley
Ini dia penemu si pedang bermata dua (menurut penulis), yaitu You Tube. Steve dan Chad mendirikan You Tube tahun 2005 pada usia Chad 28 tahun dan Steve 27 tahun. Sekarang You Tube diakuisisi oleh Google dengan nilai $1.65 milyar. Sehingga pencarian video menjadi lebih mudah dan praktis.


Itulah 15 pemuda pengukir sejarah dunia maya. Sungguh prestasi yang luar biasa. Para pemuda yang memberikan manfaat kepada banyak orang. Tapi kalau boleh protes, sebagai penulis (baca: sebagai wanita) aku gak terima kenapa kebanyakan dari mereka adalah laki-laki?! Cuma ada satu perempuan, Mbak Mei Ling! Ayo kaum hawa, tunjukkan karyamu!

2 komentar:

Kasih tanggapan ya, baik saran, kritik, atau petanyaan. Terimakasih -.-